Pelajaran yang berharga bagi saya!!

Tulisan ini adalah pengalaman saya sendiri beberapa tahun yang lalu, setelah saya membaca dan menelaah berbagai kejadian dan pengalaman akhirnya saya menemukan sebuah kalimat mengenai Logika Terbalik. dalam sebuah buku saya menemukan arti dari kalimat itu bahwa Logika Terbalik artinya menjawab persoalan dengan cara merekayasa akibat dengan harapan mengubah sebab. maksud dari pengertian itu pastinya bingung bukan? oke misal saya ambil contoh dari ilmu psikologi.

Ilmu psikologi menyatakan bahwa kita akan bahagia ketika kita mendapatkan yang kita inginkan dan orang yang bahagia biasanya berbuat baik. Sekarang anda sedang tidak bahagia, maka logika biasa memberikan solusi kepada anda untuk mendapatkan apa yang anda inginkan dengan demikian anda akan bahagia. Berbeda dengan solusi yang diberikan logika terbalik. Karena orang bahagia bisanya berbuat baik, maka anda berbuat baik saja (walaupun anda sedang tidak bahagia) pasti nanti anda akan bahagia.

Saya pikir ini benar, karena saya sendiri pernah membuktikannya. Saya pernah mengajar disalah satu yayasan pendidikan. Waktu itu bagian saya mengajar, tapi rasanya malas sekali. Saya masuk kelas, lalu saya mengajar dengan asal-asalan pada hari itu. Anak-anak yang saya ajar juga demikian, karena melihat gurunya tidak semangat, merekapun merespon dengan tidak semangat juga (teori umum timbal balik).

Saya teringat kepada logika terbalik. Guru yang semangat biasanya ceria, responsif, bicara keras, menghibur dengan guyonan, dan aktraktif dalam mengajar. Akhirnya saya pura-pura seperti yang ceria, responsive, bicara dikeraskan, dan menceritakan kisah-kisah lucu ilmuan fisika. Hasilnya anak-anak menjadi semangat karena melihat gurunya semangat. Anda tahu apa yang menarik? yang tadinya saya pura-pura semangat, tiba-tiba saya jadi semangat betulan.

Sejak saat itulah saya selalu berusaha untuk semangat dan ceria, meski sama dengan orang lain masalah ada saja menghampiri, namun dengan cara menangguhkan kesedihan dan sedikit menyembunyikan hal-hal yang bisa menimbulkan turunnya mood saya, saya tetap berusaha sekuat tenaga agar terlihat senang dan menikmati hari-hari yang dijalani. Keep smiling brooo…


Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: